Patroli Penegakan Perda No. 6 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan

  • 02 Agustus 2017
PATROLI PENEGAKAN PERDA NO. 6 TAHUN 2012 TENTANG PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kab. Bangli melakukan kegiatan patroli penegakan Perda No. 6 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Rabu (2/8). Patroli dipimpin oleh Kepala Seksi Operasi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat Ngakan Ketut Astawa didampingi Kepala Seksi Lidik Penyelidikan dan Penindakan Satpol PP dan Damkar Kab. Bangli I Dewa Nyoman Adnyana Putra. Kegiatan ini dilaksakan di wilayah Lingkungan Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan/Kabupaten Bangli. Diketemukan tempat usaha dagang tanaman hias seluas kurang lebih 10 (sepuluh) are atas nama Ning Manikam Widjaja asal Jakarta dengan status tanah kontrak. Pemilik usaha tersebut mempekerjakan 5 (lima) orang buruh, 3 (tiga) orang buruh lokal dan 2 (dua) orang buruh suami istri asal Cianjur Jawa Barat beserta 3 (tiga) orang anak mereka. Dari hasil pengecekan identitas mereka, semua ber KTP daerah asal termasuk pemilik usaha sendiri dan 2 (dua) orang buruhnya tersebut masa berlaku KTPnya sudah berakhir serta mereka belum memiliki atau mengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) dari Kelurahan. Setelah berkoordinasi dengan Kepala Lingkungan setempat, petugas Satpol PP dan damkar meyikapi pelanggaran tersebut dengan melakukan tindakan sebagai berikut :

  • Membina yang bersangkutan beserta penanggung jawab untuk segera menyelesaikan administrasi kependudukan mereka ke Kantor Lurah bersama dengan Kepala Lingkungan dan secepat mungkin untuk mengurus izin usahanya sehingga usahanya tersebut tidak melanggar Perda yang berlaku.
  • Mengingatkan Kepala Lingkungan untuk lebih teliti dan selektif dalam menerima penduduk pendatang di daerahnya terlebih penduduk pendatang yang tanpa identitas.
  • 02 Agustus 2017

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita